MANFAAT MEDITASI MINDFULLNESS UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN FOKUS ANAK DISEKOLAH MINGGU BUDDHA
Abstract
Sebagian besar anak usia sekolah kesulitan untuk focus dalam belajar pada era digital saat ini. Peran orang tua dan keluarga sangat penting dalam membentuk pribadi anak dalam meningkatkan perhatian dan fokus agar tidak terjadinya masalah untuk perkembangan anak. Meditasi merupakan praktik relaksasi untuk melatih fokus pikiran dan ketenangan pikiran. Salah satu pilihan meditasi yaitu mindfulness dalam terjemahan bahasa inggris yaitu anapanasati bagian dari praktik meditasi Buddha (Vipasana).Di laksanakan Sekolah Minggu Buddha di vihara setiap hari Minggu. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis manfaat meditasi mindfulness untuk meningkatkan perhatian dan fokus anak di Sekolah Minggu Buddha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian pada penelitian ini ditentukan menggunakan purposive sampling.Hasil dari penelitian ini adalah manfaat meditasi mindfulness yang disampaikan oleh responden yaitu siswa lebih bisa perhatian terhadap teman yang memerlukan bantuan, siswa lebih focus saat mengikuti pelajaran di sekolah formal, emosi menjadi stabil, siswa lebih patuh pada nasehat orangtua, siswa lebih sering membantu pekerjaan orangtua di rumah, dan siswa lebih sopan dalam berucap. Kesimpulan dalam ini adalah perubahan yang terjadi dikarenakan melalui meditasi mindfulness, seseorang akan membuka pikirannya menjadi lebih sadar, menerima segala sesuatu yang terjadi sehingga meningkatkan konsentrasi seseorang, serta mampu melatih meregulasi emosi sehingga emosi seseorang menjadi lebih stabil.
Downloads
Copyright (c) 2023 Jurnal Kebidanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors who publish this journal agree to the following requirements:
- The author retains the copyright and gives the journal rights regarding the first publication with the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License which allows others to share the work with an acknowledgment of the author's work and early publications in this journal.
- Authors can include separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version (for example, send it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this Journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., at an institutional repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as excerpts of previously published works.