PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING PADA MATA KULIAH ANATOMI DAN FISIOLOGI PERKEMIHAN MAHASISWA SEMESTER I AKPER DHARMA HUSADA KEDIRI
Abstract
Pembelajaran yang monoton dan satu arah tidaklah cocok dipraktikkan pada mahasiswa D-III keperawatan sebab sebagai perawat nantinya mempunyai tanggung jawab terhadap keputusan dan tindakan asuhan keperawatan professional, untuk itu diperlukan pembelajaran dengan adanya aktivitas dua arah akan menghasilkan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan instruksional serta pelaksanaannya dilihat dari sarana dan waktu yang tersedia. Salah satunya yaitu metode peer teaching . Tujuan penelitian untuk Untuk mengetahui perbedaan Prestasi Belajar Metode pembelajaran konvensional dengan Metode Peer Teaching pada mata kuliah antomi dan fisiologi Perkemihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif kuantitatif Uji statistic yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan T-Tes. Dengan nilai P = 0,015, hasil yang diperoleh menunjukan ada perbedaan Prestasi belajar Mahasiswa Akper Dharma Husada Kediri terhadap mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Perkemihan dengan Metode Peer Teaching dan konvensional. Perlu adanya upaya untuk mencoba menanggulangi permasalahan dalam prestasi belajar mahasiswa salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran yang dianggap lebih efektif dalam pembelajaran dibandingkan dengan model konvensional.
Downloads
The authors who publish this journal agree to the following requirements:
- The author retains the copyright and gives the journal rights regarding the first publication with the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License which allows others to share the work with an acknowledgment of the author's work and early publications in this journal.
- Authors can include separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version (for example, send it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this Journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., at an institutional repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as excerpts of previously published works.