STUDI TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SMK TENTANG PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL REMAJA DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Perkembangan psikososial remaja adalah perkembangan untuk mencapai identitas diri yang meliputi peran, tujuan pribadi, keunikan, ciri khas diri, dan kemampuan remaja untuk menyelesaikan tugas perkembangan psikososialnya.yang bertujuan memberi pengetahuan pada remaja dalam perkembangan psikososial untuk memenuhi harapan yang ada pada dirinya sehingga dapat bermakna khususnya dilingkungannya, yang selalu berpikiran positif dan berintelektual tinggi yang dilihat dari kemampuan psikososial masing-masing remaja. Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif yang mengambil dari seluruh siswa SMK Negeri 1 kelas 2 yang berjumlah 310 siswa dengan sempel 62 responden, penelitian ini diambil menggunakan cara Rondom sampling , dengan kuisioner, dari hasil penelitian didapatkan mayoritas siswa SMK negeri 1 kelas 2 dalam perkembangan psikososial remaja baik, dimana dapat diketahui tingkat pengetahuan siswa SMK tentang perkembangan psikososial baik sebanyak 37 (60%) responden, tingkat pengetahuan perkembangan psikososial cukup sebanyak 22 (35%) responden, dan tingkat pengetahuan perkembangan psikososial kurang sebanyak 3 (5%) responden. Oleh karena itu remaja yang berpengetahuaan baik dan sering mendapatkan informasi akan membuat remaja semakin terampil dalam lingkungannya.