KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP

  • Ethyca Sari STIKes William Booth Surabaya
  • Lina Mahayati STIKes William Booth Surabaya
  • Maharani Puspitasari STIKes William Booth Surabaya
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Pasien

Abstract

Jenis komunikasi yang paling sering digunakan dalam pelayanan keperawatan adalah komunikasi interpersonal.Tujuan : Penelitian untuk menganalisis hubungan komunikasi interpersonal perawat terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah sakit William Booth. Metode : Desain penelitian yaitu deskriptif korelasional dengan pendekatan Cross-Sectional. Instrumen penelitian untuk variabel independen adalah komunikasi interpersonal menggunakan kuisioner dan variabel dependen adalah tingkat kepuasan pasien meggunakan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap 25 orang dan perawat pelaksana di ruang rawat inap sebanyak 25 orang. Sampel sebanyak 25 orang  diitentukan dengan tehnik total sampling. Hasil : Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan hipotesa nilai ρ value <0,05. Hasil penelitian diperoleh ρ=0.000 \ yang berarti komunikasi interpersonal perawat berhubungan terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan: ada hubungan komunikasi interpersonal dengan tingkat kepuasan pasien yang dirawat inap, dimana perawat sudah memahami bahwa kensembuhan pasien bukan dari fisik semata tetapi secara menyeluruh yaitu bio psiko social dan spiritual.

Published
2022-06-04
How to Cite
Sari, E., Mahayati, L., & Puspitasari, M. (2022). KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1-9. Retrieved from https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/d3kep/article/view/321