HUBUNGAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM KELUARGA TERHADAP NILAI MORAL, NORMA DAN ETIKA MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN WILLIAM BOOTH SURABAYA
Abstract
Perilaku serta budi pekerti dari para mahasiswa atau remaja saat ini perlu mendapat perhatian yang lebih dari berbagai kalangan terutama dalam dunia pendidikan. Nilai moral, norma ataupun etika mahasiswa atau remaja sangatlah memprihatinkan. Keluarga sebagai lingkungan pertama tentu saja memiliki faktor yang penting dalam membentuk pola nilai moral, norma maupun etika seorang anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan pendidikan budi pekerti dalam keluarga dengan nilai moral,norma dan etika mahasiswa Akademi keperawatan william Booth Surabaya sehingga berdasarkan tujuan penelitian metode penelitian yang digunakan adalah korelatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendidikan budi pekerti dalam keluarga, dan variabel terikat yaitu nilai moral, norma dan etika. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Akper William Booth Surabaya dengan besar sampel sebanyak 67 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian diambil menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan uji Chi-Squqre. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki pendidikan budi pekerti baik dan memiliki nilai moral yang baik juga yaitu 31 orang (50,8%), sebagian besar responden memiliki pendidikan budi pekerti baik dan memiliki nilai norma yang baik juga yaitu 40 orang (65,6%), sebagian besar responden memiliki pendidikan budi pekerti baik dan memiliki nilai etika yang baik juga yaitu 37 orang (60,7%) dan berdasarkan uji stastistik Chi Square Tests didapatkan nilai signifikasi p= 0,02 yang berarti H0 ditolak atau ada hubungan antara pendidikan budi pekerti dengan nilai moral, norma dan etika.