EFEKTIFITAS METODE SCL (COLLABORATIVE LEARNING) MODEL JIGSAW PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN TK.II DI STIKES WILLIAM BOOTH SURABAYA
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan suatu aktifitas yang dilakukan secara bersama oleh dosen dan mahasiswa. Strategi dan metode pengajaran yang digunakan sangatlah bervariasi dan beragam jumlahnya. Adanya pergeseran dan perubahan paradigma pengajaran dari Teacher Centered Learning (TCL) menjadi Student Centered Learning (SCL) sangat memberi arti bagi dunia pendidikan. Salahsatu metode yang dapat digunakan dalam SCL adalah collaborative learning model jig-saw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode SCL pada mahasiswa S1 Keperawatan Tk.II di Stikes William Booth Surabaya. Design yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan one group pre-post test design. Sampel penelitian sebanyak 26 orang dengan tehnik sampling purposive sampling. Instrument yang digunakan berupa kuesioner evaluasi pembelajaran yang berisi sejumlah pertanyaan sesuai topik materi. Hasil penelitian menunjukkan nilai evaluasi sebelum diterapkan model jig-saw sebagian besar mahasiswa memperoleh nilai D sebanyak 9 orang (35%), sedangkan sesudah menggunakan model jig-saw sebagian besar nilainya adalah A yaitu 17 orang (65%). Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan p=0,00 dimana metode collaborative model jig-saw ini efektif dalam meningkatkan evaluasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk menindaklanjuti pengembangan strategi belajar yang berorientasi pada mahasiswa ini pada semua program studi dan mata kuliah yang ada di Stikes William Booth Surabaya.