HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS 4 SD
Abstract
Anak yang mendapatkan pola asuh kurang baik dari orang tua akan berpengaruh buruk terhadap prestasi belajarnya, anak menjadi kurang bertanggung jawab, dimana anak akan sering membolos sekolah, tidak ada inisiatif untuk belajar dan bersikap acuh terhadap tugas yang diberikan. Prestasi belajar anak tidak luput dari peran orang tua, karena pola asuh yang di berikan oleh orangtua dapat mempengaruhi prestasi belajar anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh oran tua dengan prestasi belajar anak. Metode: Penelitian ini menggunakan desain korelasi, populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa dan siswi kelas 4 SDN Dukuh Kupang IV – 491 Surabaya sejumlah 46 responden dengan sample sebanyak 41, menggunakan teknik simple random sampling. Variabel Independent yaitu pola asuh orang tua, variabel Dependent yaitu prestasi belajar anak. Alat ukur pola asuh menggunakan kuisioner dan prestasi belajar menggunakan observasi. Hasil: Hasil penelitian di SDN Dukuh Kupang yaitu pola asuh penelantar sebesar 19 responden (46%), dan prestasi belajar anak sebagian besar mendapatkan prestasi baik 38 responden (93%). Sedangkan dari hasil uji statistik dengan uji regresi ordinal diperoleh hasil nilai P=0,08 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak. Diskusi: Dari hasil yang didapat diharapkan orang tua memiliki waktu yang lebih untuk memperhatikan belajar anak agar prestasi anak dapat lebih meningkat lagi.