HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN EMOSI ANAK DENGAN PERKEMBANAGN EMOSI ANAK PRA SEKOLAH USIA 3-6 TAHUN
Abstract
Anak usia pra sekolah mengalami perkembangan emosi. Dengan bertambahnya usia anak sudah mampu mengekspresikan emosinya. Peran ibu sangat penting untuk mengetahui perkembangan emosi pada anaknya. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan emosi anak usia pra sekolah usia 3-6 tahun. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan desain cross setional. Sampel penelitian sebanyak 36 orang dengan simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengukuran variabel dianalisa dengan menggunakan analisa data Kendall Tau. Hasil: Hasil dari penelitian menunjukkan pengetahuan ibu terhadap perkembangan emosi anak (61%) terkategori dalam pengetahuan baik. Perkembangan emosi anak (50%) mempunyai emosi di level 5. Berdasarkan uji statistik Kendall Tau diperoleh koefisien korelasi r : -0,326 dan tingkat signifikasi P=0,038. Hasil pengukuran diketahui terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan emosi anak dengan perkembangan emosi anak usia pra sekolah. Hasil statistika dengan nilai signifikan (2 tailed) lebih kecil dari a dengan angka kepercayaan 95% yang ditunjukkan dari uji Kendall Tau dengan korelasi negatif yang menunjukkan korelasi lemah. Diskusi: Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan untuk penelitian selanjutnya peneliti mengembangkan variabel yang terkait dengan faktor yang mempengaruhi perkembengan emosi.