PENGARUH DEMONSTRASI CUCI TANGAN TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN ANAK TK DI TK SISWA HARAPAN SURABAYA

  • Ethyca Sari STIKes William Booth Surabaya
Keywords: demonstrasi cuci tangan, perilaku cuci tangan

Abstract

Cuci tangan merupakan suatu tindakan yang membentuk perilaku mandiri anak untuk menjaga kesehatannya. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini usia golden age seperti itu sudah dapat diajarkan pendidikan kesehatan mengenai cuci tangan sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan menjaga diri sendiri dari lingkungan. Tujuan adalah Menganalisa pengaruh
demonstrasi cuci tangan terhadap perilaku cuci tangan anak TK Siswa Harapan Surabaya. Metode penelitian adalahquasi eksperimentd dengan desain yang digunakan adalah experimental one-group pre-post design.Sampel peneltian sebanyak 27 responden dengan menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi kemudian diuji dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh demonstrasi cuci tangan terhadap perilaku cuci tangan anak taman kanak- kanak di TK Siswa Harapan Surabaya dengan nilai signifikan p= 0,00. Penelitian ini
merekomendasikan pentingnya pendidikan kesehatan pada anak usia dini mengenai cuci tangan sehingga dapat merubah perilaku cuci tangan serta dapat meningkatkan status kesehatan pada anak

Published
2017-10-02
How to Cite
Sari, E. (2017). PENGARUH DEMONSTRASI CUCI TANGAN TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN ANAK TK DI TK SISWA HARAPAN SURABAYA. Jurnal Keperawatan, 6(2), 7 Pages. Retrieved from https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/d3kep/article/view/78