STIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH

  • Pandeirot Nancye STIKes William Booth Surabaya
Keywords: stimulasi, perkembangan psikososial, anak prasekolah

Abstract

Perkembangan psikososial anak prasekolah adalah proses perkembangan kemampuan anak dalam berinisiatif menyelesaikan masalahnya sendiri sesuai dengan pengetahuannya. Kemampuan ini dapat dicapai dengan maksimal bila didukung dengan peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan psikososial anak, tetapi kenyataannya banyak orang tua yang tidak tahu bahwa, salah satu peran orang tua adalah menstimulasi perkembangan psikososial pada anak. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan stimulasi perkembangan psikososial anak pada usia prasekolah di Aspol Bangkingan RW 05 Surabaya. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan kesehatan melalui dan pembinaan tentang cara menstimulasi perkembangan psikososial anak. Sasaran pengabdian ini adalah orang tua yang memiliki anak pada usia prasekolah sebanyak 22 orang, dengan Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner mengenai peran orang tua terhadap stimulasi perkembangan psikososial anaknya. Hasil dariĀ  pada evaluasi setelah dilakukan pembinaan didapatkan orang tua yang berperan baik sejumlah 16 (73%), berperan cukup sejumlah 6 (23%) dan tidak ada yang kurang. Hal ini dapat menggambarkan pentingnya memberikan pemahaman dan pendampingan bagaimana cara stimulasi perkembangan psikososial anak pada usia prasekolah terutama pada orang tua yang bekerja.

Published
2021-12-15
How to Cite
Nancye, P. (2021). STIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 26-34. Retrieved from https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/pengabmas/article/view/302