Publication Ethics

Jurnal Keperawatan menetapkan standar yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam publikasi jurnal seperti penulis, editor jurnal dan reviewer.  Hal ini dilakukan untuk memastikan objektivitas dan menghindari konflik kepentingan. Sebagai jurnal peer-review, Journal berkomitmen untuk menerapkan etika publikasi sebagai pedoman etika dalam setiap penerbitan jurnal keperawatan.

Pedoman Etika Publikasi. Publikasi masing-masing artikel dalam Jurnal adalah komponen penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dibidang kesehatan yang koheren dan dihormati. Hal ini dianggap sebagai refleksi langsung pada kualitas karya yang disumbangkan oleh penulis dan diakui oleh lembaga yang mendukungnya. Sebagai penerbit, Journal melakukan tugas pengamanan atas semua tahap publikasi dan mengakui jenis tanggung jawab etis. Kegiatan ini melibatkan semua pihak dalam publikasi jurnal seperti penulis, editor jurnal, reviewer dan penerbit.

Keputusan Publikasi. Redaksi bertanggung jawab untuk mempertimbangkan proses pengambilan keputusan tentang artikel yang dikirimkan ke Jurnal. Editor harus berada di bawah pedoman dan kebijakan Jurnal dan dibatasi oleh persyaratan etika dan hukum yang kemudian berlaku terkait pencemaran nama baik, plagiarisme, dan pelanggaran hak cipta. Editor dapat memberikan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan publikasi berdasarkan bidang penelitian.

Adil. Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

Kerahasiaan. Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis, pengulas, pengulas potensial, penasihat editorial lain dan penerbit yang sesuai.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan. Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Tugas Reviewer

Reviewer harus memberikan penilaian yang jujur dan kritis terhadap sebuah penelitian. Pekerjaan reviewer adalah menganalisa kekuatan dan kelemahan penelitian, memberikan saran perbaikan, dan secara jelas menyatakan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan antusiasme kerja. Reviewer jangan bertindak memanipulasi proses untuk memaksa penulis untuk membahas isu‐isu yang menarik bagi reviewer itu sendiri.

Reviewer harus menjaga kerahasiaan tentang keberadaan dan substansi naskah. Sangat tidak tepat berbagi naskah atau membicarakan secara rinci dengan orang lain atau bahkan mengungkapkan adanya submisi naskah tersebut untuk publikasi.

Seorang reviewer harus tidak terlibat dalam plagiarisme. Plagiarisme dengan mengambil data atau konsep baru dari naskah sebelum diterbitkan untuk dirinya sendiri adalah pelanggaran yang sangat serius.

Reviewer harus menghindari adanya konflik kepentingan.

Reviewer hanya menerima naskah pada bidang keahliannya

Reviewer harus mampu menyelesaikan review tepat waktu

Reviewer harus menuliskan review‐nya secara konstruktif dan kolegial.

 

Tugas Author

Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar pengarang/penulis memenuhi kriteria sebagai pengarang/penulis

Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.

Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian

Menanggapi komentar yang dibuat oleh reviewer secara professional dan tepat waktu.

Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.

Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.