GAMBARAN GAYA BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI DIPLOMA III (D3) KEPERAWATAN STIKES KATOLIK ST VINCENTIUS A PAULO SURABAYA

  • Yhenti Widjayanti STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya
Keywords: Mahasiswa, Gaya Belajar

Abstract

Keberhasilan studi mahasiswa dapat dilihat dari lama masa studi serta indeks prestasi kumulatif  (IPK) yang diraih. Nilai IPK menunjukkan penguasaan mahasiswa terhadap pengetahuan dan keterampilan dengan nilai tertinggi 4,00. Keberhasilan belajar mahasiswa atau prestasi akdemik yang diraih oleh mahasiswa ikut ditentukan oleh gaya belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah Menggambarkan gaya belajar mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan STIKES Katolik St Vincentius a Paulo.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 33 mahasiswa program studi D3 Keperawatan yang didapatkan dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Variabel penelitian ini adalah gaya belajar mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian didapatkan berdasarkan kutub kecenderungan sebanyak 40 % responden menerapkan gaya belajar theorist, 33 % gaya belajar activist, 21% gaya belajar reflector dan 6 % gaya belajar pragmatist sedangkan berdasarkan modalitas yang digunakan untuk memproses informasi didapatkan 46% responden menerapkan gaya belajar visual, 33 % responden memiliki gaya belajar kinestetik dan 21 % responden menerapkan gaya belajar auditoris. Bagi STIKES Katolik St Vincentius a Paulo Surabaya khususnya bagi pembimbing akademik Program studi D3 Keperawatan diharapkan dapat mengarahkan mahasiswa untuk melakukan strategi belajar yang tepat sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Bagi dosen pengajar diharapkan dapat memilih metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan mayoritas gaya belajar mahasiswa Prodi D3 Keperawatan.

Published
2016-10-03
How to Cite
Widjayanti, Y. (2016). GAMBARAN GAYA BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI DIPLOMA III (D3) KEPERAWATAN STIKES KATOLIK ST VINCENTIUS A PAULO SURABAYA. Jurnal Keperawatan, 5(2), 4 Pages. Retrieved from https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/d3kep/article/view/57