PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KADER MENGENAI PEMANTAUAN PERTUMBUHAN DAN STIMULASI BATITA
Abstract
Para kader mempunyai peranan penting dalam pemantauan awal pada status pertumbuhan dan perkembangan anak, seperti yang dialami para kader di posyandu melati RW 8 dan 9 Desa Bluru Kidul masih ada yang belum memahami tentang bagaimana pengukuran antropometri yang benar dan tidak mengetahui bagaimana stimulasi pada anak terutama usia 1-3 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan (Tahu) ibu kader mengenai pemantauan pertumbuhan dan pemberian stimulasi batita sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan. Penelitian ini menggunakan desain pra eksperiment One Group PraTest Posstest Design. Besar sampel dalam penelitian : 36 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Sebelum diberikan penyuluhan dari 36 responden 19 (53%) responden berpengetahuan kurang dan 17 (47%) responden memiliki berpengetahuan cukup. Sesudah dilakukan penyuluhan, 14 (39%) responden berpengetahuan baik dan 22 (61%) responden berpengetahuan cukup. Hasil uji statistik dengan Uji Wilcoxon dengan nilai signifikan a = 0,05 dan didapatkan harga p = 0,000. Oleh karena p < a maka Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan (Tahu) ibu mengenai pemantauan pertumbuhan dan pemberian stimulasi batita sebelum dan sesudah penyuluhan. Kemudahan untuk memperoleh suatu informasi dapat membantu mempercepat seseorang untuk memperoleh pengetahuan yang baru.
Downloads
The authors who publish this journal agree to the following requirements:
- The author retains the copyright and gives the journal rights regarding the first publication with the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License which allows others to share the work with an acknowledgment of the author's work and early publications in this journal.
- Authors can include separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version (for example, send it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this Journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., at an institutional repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as excerpts of previously published works.