HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES WILLIAM BOOTH SURABAYA

  • Eny Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan William Booth
Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan. Prestasi adalah keberhasilan dalam belajar. Masalah dari  sebagian besar 32 mahasiswa yang mempunyai kriteria  sangat memuaskan  24 orang (75%) (penelitian ini motivasi belajar dan prestasi belajar adanya gangguan intrinsik dan ekstrinsik.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran motivasi belajar terhadap prestasi belajar akademik di mahasiswa semester VII S1 Keperawatan William Booth Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sampling yang digunakan adalah total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 32 orang responden. Pemilhan responden mahasiswa semester VII yang memiliki motivasi yang memenuhi kriteri. Cara pengambilan sempel semua mahasiswa semester VII. Data penelitian mengenai motivasi belajar dan presentasi belajar diambil dengan cara pengisian kusioner dan data indeks prestasi mahasiswa. Setelah ditabulasi silang  data kemudian dianalisis untuk melihat hubungan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa S1 Keperawatan William Booth Surabaya. Hasil penelitian  menunjukkan mahasiswa yang memiliki motivasi baik sebagian 21 orang (65,62%). Presentasi yang diperoleh yakni presentasi belajar sangat memuaskan  sebagian 16 orang (50,37%). Untuk mengetahui faktor-faktor prestasi belajar mahasiswa Stikes William Booth Surabaya. Di uji menggunakan uji spearman dengan hasil ρ=0,005 Melihat dari hasil penelitian ini maka perlu di pertahankan agar bisa lebih baik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-31
How to Cite
Astuti, E. (2016). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES WILLIAM BOOTH SURABAYA. Jurnal Keperawatan, 5(1), 36-42. https://doi.org/10.47560/kep.v5i1.180