POLA ASUH ORANG TUA BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI (EQ) ANAK

  • Eny Astuti STIKES William Booth
Keywords: pola asuh orang tua, emosi (EQ) anak pada anak prasekolah

Abstract

Pola asuh merupakan cara orang tua yaitu ayah dan ibu dalam memberikan kasih sayang dan cara mengasuh yang mempunyai pengaruh yang besar bagaimana anak melihat dirinya dan lingkungannya. Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting bagi perkembangan prilaku moral pada anak, karena dasar prilaku moral pertama di peroleh anak dari dalam rumah. Karakteristik pada anak yang pertama yaitu egoisentris pada anak prasekolah tidak berarti mereka tidak melihat sesuatu dari pandangan orang lain, karakteristik yang kedua yaitu kelakuan berfikir adalah kecendrungan berfikir hanya pada satu pandangan dan mengabaikan pandangan yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosi (EQ) pada anak prasekolah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif. Sample diambil secara total sampling dengan responden 67 orang yang mempunyai anak prasekolah. Kemudian pengambilan data melalui kuisoner yang diolah dalam bentuk diagram dan tabulasi silang. Berdasarkan hasil pengamatan hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosi (EQ) pada anak prasekolah di perumahan Kahuripan blok CA Sidoarjo didapatkan responden 20 orang (80%) yang mempunyai anak prasekolah menggunakan gaya pola asuh Lissez-Faire tingkat emosi (EQ) anak tidak baik. Emosi (EQ) pada anak yang tidak baik diakibatkan karena sebagian besar orang tua berusia muda dan berprofesi sebagai wanita karir, mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja, dan lebih cenderung memanjakan anak-anaknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-02
How to Cite
Astuti, E. (2020). POLA ASUH ORANG TUA BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI (EQ) ANAK. Jurnal Keperawatan, 8(2), 26-33. https://doi.org/10.47560/kep.v8i2.126

Most read articles by the same author(s)