UPAYA PROMOSI KESEHATAN MELALUI PEMBERIAN KOMBINASI PIJAT OKSITOSIN DAN PIJAT MARMET TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU POSTPARTUM

  • Meirna Eka Fitriasnani Universitas Kadiri
  • Dhita Kris Prasetyanti Univeristas Kadiri
  • Nara Lintan Mega Puspita Univeristas Kadiri
  • Fithri Rif'atul Himmah Univeristas Kadiri
Keywords: Kata Kunci : Pijat Oksitosin,Pijat Marmet, Promosi Kesehatan, Produksi ASI, Ibu Postpartum

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan : Air susu ibu dapat mencerdaskan dan meningkatkan kualitas generasi muda bangsa, setiap bayi yang diberi ASI akan mempunyai kekebalan alami terhadap penyakit karena ASI banyak mengandung antibodi, zat kekebalan aktif yang akan melawan masuknya infeksi ke dalam tubuh bayi. Produksi ASI yang tidak adekuat menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan bayi dan kegagalan pemberian ASI eksklusif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh upaya promosi Kesehatan melalui pemberian kombiansi pijat oksitosin dan pijat marmet terhadap produksi ASI pada ibu postpartum. Metode : Rancangan penelitian menggunakan pre experimental dengan pendekatan one group pre test post test desain. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu postpartum di PMB Evita Dwi Retno pada bulan Maret 2023. Sampel ibu postpartum di PMB Evita Dwi Retno sebanyak 16 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil : Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji wilcoxon signed rank diketahui bahwa besarnya nilai p 0,001 lebih kecil dari nilai α = 0,05 (0,002 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada Pengaruh Pemberian Kombinasi Pijat Oksitosin dan Pijat Marmet terhadap Produksi ASI pada ibu postpartum di Kelurahan Ngujang Kabupaten Tulungagung.Diskusi : Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh upaya promosi Kesehatan melalui pemberian kombiansi pijat oksitosin dan pijat marmet terhadap produksi ASI pada ibu postpartum di PMB Evita Dwi Retno Kelurahan Ngujang Kabupaten Tulungagung. Responden disarankan untuk memilih alternative peningkatan produksi ASI dengan menggunakan kombinasi pemberian pijat oksitosin dan pijat marmet.

 

     



Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Astuti, Sri, dkk. 2015. Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Bandung: Erlangga.

Dahniarti. (2017). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI pada Ibu Post Partum di Puskesmas WOHA Bima Tahun 2017, 1-14.

Darmasari, Sagita, dkk. 2019. Effectiveness of The Combination of Marmet Technique and Oxytocin Massage Against The Breast Milk Production of Mother Postpartum. Jurnal Kedokteran Kesehatan Universitas Sriwijaya, 6(3), pp 110-114

Endah, Siti Nur, & Masdinarsah, Imas. 2011. Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Pengeluaran Kolostrum Pada Ibu Post Partum Di Ruang Kebidanan Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Skripsi: Stikes Jenderal A. Yani Cimahi.

Kemenkes RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Khairani, L., Komariah, M., & Mardiah, W. 2012. Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Involusi Uterus Pada Ibu Post Partum Di Ruang Post Partum Kelas III RSHS Bandung. Skripsi: Universitas Padjadjaran.

Kristiani, D., Latifah, L. 2013. Pengaruh Teknik Relaksasi Autogenik Terhadap Skala Nyeri pada Ibu Post Operasi Sectio Caesarea (SC) di RSUD Banyumas. Skripsi: Universitas Jenderal Soedirman

Kurniatika, R. 2014. Peningkatan Berat Badan Bayi Baru Lahir yang mendapatkan ASI Eksklusif Setelah 1 bulan di Klinik Lolly Medan. Skripsi: Universitas Sumatera Utara.s

Lelly, A. V. (2017). Pengaruh Teknik Marmet Terhadap Kelancaran Produksi ASI, 2-3.

Lisa, & Ismayucha. (2018). Efektifitas Kombinasi Pijat Oksitosin dan Breast Care Terhadap Kelancaran ASI pada Ibu Post Partum Normal, 47.

Mardiyaningsih, dkk. (2011). Efektivitas Kombinasi Teknik Marmet dan Pijat Oksitosin terhadap Produksi ASI Ibu Post Sectio di Rumah Sakit Wilayah Jawa Tengah. Jurnal Keperawatan Soedirman, 6 (1), pp 31-38.

Maryunani, A. 2012. Inisiasi Menyusui Dini, ASI Eksklusif dan Manajemen Laktasi. Jakarta: Trans Info Media.

Mudyatiningsih, S., & Lasri. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Manajemen Laktasi Dengan Sikap Ibu Post Partum Dalam Proses Menyusui Di Ruang Bersalin Rs Panti Waluya Malang, 2.

Naziroh, Umy, dkk. 2019. Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap Kelancaran ASI pada Ibu Primipara. Hospital Majapahit, 11(1), pp 17-23.

Pollard, M. 2015. ASI Asuhan Berbasis Bukti. Jakarta: EGC

Rahmawati, A., & Widyasih, H. (2009). Perawatan Masa Nifas, 28.

Saragih, Ice Septriani. 2015. Dukungan Keluarga dalam Pelaksanaan Pijat Oksitosin untuk Meningkatkan Produksi ASI pada Ibu Nifas di wilayah kerja Puskesmas Medan Johor. Skripsi: Universitas Sumatera Utara.

Sari, Eka Puspita, & Riamandini, Kurnia Dwi. 2014. Asuhan Kebidanan Masa Nifas (Postnatal Care). Jakarta: Trans Info Medika.

Selistiyaningtyas, dkk. (2021). Pemberian Pijat Marmet dan Oksitosin untuk Meningkatkan Produksi ASI Pada Asuhan Keperawatan Ibu Post Partum dengan Sectio Caesaria. Jurnal Ners Muda, 2(1), pp 61-68.

Wijayanti, Lilis. 2014. Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI pada Ibu Post Partum di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta. Skripsi: STIKES Aisyiyah.

Wiji, Rizki Natia. 2014. ASI dan Panduan Ibu Menyusui. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yiyin. 2018. Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap Pengeluaran ASI Pada Ibu Postpartum di RSIA Aisyiyah Samarinda. Skripsi : Poltekkes Kalimantan Timur.

Published
2023-05-29
How to Cite
Fitriasnani, M., Prasetyanti, D., Puspita, N. L., & Himmah, F. (2023). UPAYA PROMOSI KESEHATAN MELALUI PEMBERIAN KOMBINASI PIJAT OKSITOSIN DAN PIJAT MARMET TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU POSTPARTUM. Jurnal Kebidanan, 12(1), 8-16. https://doi.org/10.47560/keb.v12i1.479