HUBUNGAN KEPATUHAN PEMBATASAN CAIRAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS

  • Yanita Isyabella Bandola STIKes William Booth Surabaya
  • Budi Artini STIKES William Booth
  • Pandeirot M Nancye STIKes William Booth Surabaya
Keywords: Kepatuhan pembatasan cairan, Kualitas hidup, Gagal ginjal kronik

Abstract

Kepatuhan merupakan masalah yang sering dialami pasien hemodialisis dan dapat berdampak terhadap berbagai aspek perawatan pasien,termasuk obat-obatan dan rejimen pengobatan serta pembatasan makanan dan cairan Diperlukan kepatuhan dalam proses penatalaksanaan hemodialisis untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Tujuan : Menganalisis hubungan tingkat kepatuhan pembatasan cairan dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Metode : Desain penelitian ini adalah kuantitatif analisis korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 66 yaitu seluruh pasien penyakit gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara consercutive sampling didapatkan 32 responden.Instrumen penelitian menggunakan kusioner KDQOL-SF dan kusioner kepatuhan pembatasan cairan. Hasil penelitian : Menunjukan kepatuhan pembatasan cairan pasien gagal ginjal kronik terbanyak responden kategori cukup patuh 18 responden (56.2%) dan kualitas hidup responden terbanyak kategori buruk 26 responden (81.2%). Setelah dilakukan ujistatistik Chi Square didapatkan hasil p=0,530 yang artinya p value>0,05 menunjukan bahwa Ha ditolak. Kesimpulan : tidak ada hubungan yang signifikan antara kepatuhan pembatasan cairan dengan kualitas hidup gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Diskuai : upaya untuk meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pembatasan cairan perlu selalu dilakukan edukasi tentang kepatuhan pembatasan cairan serta mencari faktor-faktor lain yang dapat berhubungan dengan kualitas hidup pasien GGK yang menjalani hemodialisis.

 

Kata kunci : Kepatuhan pembatasan cairan, Kualitas hidup, Gagal ginjal kronik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita.C.(2020).Penilaian status gizi Pasien Gagal Ginjal Kronis, Yogyakarta: Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Dewi, N. (2020)Hubungan Kelebihan Volume Cairan dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis Reguler. Jurnal Teknologi Kesehatan.16 (2: 43-47)

Fadlilah, S. (2019).Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis. Jurnal Kesehatan, 10(2): 284-290

Fany, A.(2016) pemantauan intake output cairan pada pasien gagal ginjal kronik dapat mencegah overload cairan.Jurnal Keperawatan Indonesia.9 (3: 152-160)

Hidayat, A.A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: SalembaMedika.

Indonesia Renal Registry. (2014). Report Of Indonesian Renal Registry. Diakses April 2017

Kementerian Kesehatan RI, “InfoDATIN pusat data dan informasi Kementerian Kesehatan RI.” p. 12, 2017

Kementrian kesehatan Republik Indonesia.(2017). Pusat Data Dan Informasi Kesehatan. Jakarta.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis (4th ed.). jakarta: SalembaMedika.

NKF-KDIGO.(2013). KDIGO 2012 clinical practice guideline for the evaluation and management of chronic kidney disease.ISN. 3(1):1–163

PERNEFRI.(2013). Konsensus Nutrisi pada Penyakit Ginjal Kronik. Jakarta: PERNEFRI Indonesia

Sarastika, Y (2019) faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik (ggk) yang menjalani terapi hemodialisa di rsu royal prima medan. Jurnal Riset Hesti Medan AkperKesdam I/BB Medan. 4 (1: 5)

Sumani (2020).Kepatuhan Pembatasan Cairan dan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik di Ruang HemodialisisRs PKU Muhammadiyah Yogyakarta.Jurnal Keperawatan.9 (2: 118-128)

Published
2023-06-15
How to Cite
Bandola, Y., Artini, B., & Nancye, P. (2023). HUBUNGAN KEPATUHAN PEMBATASAN CAIRAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS. Jurnal Keperawatan, 12(1), 9-16. https://doi.org/10.47560/kep.v12i1.475

Most read articles by the same author(s)