SIKAP REMAJA DALAM PERILAKU PENCEGAHAN HIV/AIDS

  • Lina Mahayati STIKES William Booth
  • Taufan Citra Darmawan STIKES WILLIAM BOOTH
  • Retty Nirmala Santiasari STIKES WILLIAM BOOTH
Keywords: Sikap Perilaku, Remaja, Pencegahan HIV/AIDS

Abstract

HIV merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang yang disebabkan oleh suatu virus dan dapat menyebabkan AIDS. Penyakit ini muncul tidak mengenal usia karena dapat menyerang siapa saja ketika kekebalan tubuh seseorang melemah khususnya pada remaja. Pendidikan kesehatan akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sikap pemahaman tentang seksual secara sehat dan mencegah terjadinya perilaku menyimpang seksual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap remaja dalam perilaku pencegahan HIV/AIDS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah  menggunakan metode deskriptif. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 36 dengan jumlah sampel yang digunakan sebagai responden penelitian adalah sebanyak 36 responden kelas 11 SMA di Sidoarjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah  kuisoner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap remaja tentang pencegahan HIV/AIDS sebanyak 25 remaja (70%) memiliki sikap yang tidak baik dalam pencegahan perilaku  HIV/AIDS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa remaja perlu mendapatkan edukasi tentang upaya pencegahan perilalu HIV/AIDS, Pihak sekolah diharapkan dapat meningkatkan sikap remaja dalam berperilaku baik dalam mencegah HIV/AIDS melalui edukasi dalam mencegah HIV/AIDS dengan cara mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu & memberikan edukasi tambahan kepada siswa-siswi mengenai penularan & stigma HIV/AIDS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angela, Maria At All. 2019. Hubungan Angela, Maria At All. 2019. Hubungan antara Pengetahuan, Sikap Pencegahan HIV/ AIDS pada Siswa SMPN 251 Jakarta. Jakarta: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Vol. 3, No. 2, Agustus 2019.
Haringi, Suhartin. 2016. Gambaran Perilaku Siswa SMA Dalam Upaya Pencegahan HIV/AIDS Di Wilayah Kota Kendari. Kendari: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo.
Laporan Situasi Perkembangan HIV AIDS dan PIMS di Indonesia, Triwulan IV Tahun 2019.Jakarta : Kementerian Kesehatan RI, 2020.
Herdianti. 2019. Perbandingan Peer Group Dan Ceramah Dalam Peningkatan Pengetahuan
Putri, Indah Arista Dkk. 2020. Hubungan Antara Sikap Kepemimpinan Dengan Etika Organisasi. Tanjungpinang: Jurnal Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Vol. 2 No. 1 Agustus 2020 (330-344).
WHO HIV update, Global Summary Web, World Health Organization, 2019.
Singale, Lastianti. 2012. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap tentang HIV/AIDS dengan Tindakan Pencegahan HIV/AIDS pada Siswa SMKN 3 Tahuna. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi
Sofni, L. M., Dewi, Y.I., Novayelinda, R. (2015) Perbandingan Pengetahuan Dan Sikap Antara Remaja Putra Dan Remaja Putri Tentang Tindakan Pencegahan HIV/AIDS. JOM Vol. 2 No. 2, Oktober 2015
Pratiwi, N., & Basuki, H. (2011). Hubungan karakteristik remaja terkait resiko penularan HIV/AIDS dan perilaku seks tidak aman di Indonesia. Diperoleh pada tanggal 28 Januari dari http://ejournal.litbang.depkes.go.id.
Published
2023-06-21
How to Cite
Mahayati, L., Darmawan, T., & Santiasari, R. (2023). SIKAP REMAJA DALAM PERILAKU PENCEGAHAN HIV/AIDS. Jurnal Keperawatan, 12(1), 33-39. https://doi.org/10.47560/kep.v12i1.485

Most read articles by the same author(s)