FAKTOR KEDEKATAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULYING PADA REMAJA

  • Sisilia Indriasari Widianingtyas Stikes Katolik St. Vincentius A Paulo Surabaya
  • Inneke Febrina P Stikes Katolik St. Vincentius A Paulo Surabaya
Keywords: Dukungan teman sebaya, perilaku bullying, siswa SMP

Abstract

Perilaku bullying merupakan sesuatu yang terjadi ketika seseorang merasa tertindas oleh perilaku orang lain dan ketakutan bahwa perilaku buruk akan terjadi lagi. Perilaku bullying dapat dicegah dengan menerapkan rasa kekeluargaan dan persahabatan dalam lingkungan sekolah. Fenomena perilaku bullying yang terjadi di SMP Santo Yosep Surabaya ialah siswa-siswi sering mengejek teman lainnya, memanggil temannya berdasarkan nama orang tua (nama julukan seperti gendut, hitam, pendek dan lain-lain), dan juga mendorong temannya dengan sengaja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi gambaran perilaku bullying pada remaja di SMP Santo Yosef Surabaya. Desain penelitian adalah korelasional  dengan pendekatan secara cross sectional, dengan teknik total sampling. Responden sebanyak 41 remaja kelas 7 dan 8 yang bersedia menjadi responden dan hadir saat diteliti. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah correlations rank spearman dengan tingkat signifikansi α = < 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ada hubungan antara antara  dukungan sosial  teman  dengan  perilaku bullying. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedekatan teman sebaya dapat memberikan pengaruh penting dalam terbentuknya perilaku bullying pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, A., & Nurdianah, F. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK
Aminudin, K. (2019). Cyberbullying & Body Shaming (Ngalimun (ed.)). Penerbit K-Media.
Awaliyah, A. (2021). Bimbingan Konseling. PT. Nasya Expanding Management.
Ballerina, T., & Immanuel, A. S. (2019). JURNAL ILMU PERILAKU Menelisik Perilaku Perundungan Pada Siswa SMP Di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perilaku, 3, 18–31. http://jip.fk.unand.ac.id
Dara Agnis Septiyuni, D. A., Budimansyah, D., & Wilodati. (2018). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) Terhadap Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah. Jurnal Sosietas, 5.
Hastuti, R., Soetikno, N., & Heng, P. (2021). Remaja Sejahtera Remaja Nasional. Penerbit Andi.
Herawati, N., & Deharnita. (2019). Gambaran Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Pada Anak. Jurnal Keperawatan, 15 no, 60–66.
Latief, P. M. (2015). Hubungan Antara Persepsi Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Prambanan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling., 4.
Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Psikologi Terapan Dan Pendidikan.
Nasution, N., & Dkk. (2018). Tantangan Pendidikan. Samudra Biru.
Palani, & Mani. (2016). Exploratory Factor Analysis : Development Of Perceived Peer Pressure Scale. International Jurnal of Information Science and Compauting, 3 (1).
Safitri, C., Munir, A., & Hasanuddin. (2022). Hubungan Kontrol Diri dan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying di Madrasah Aliyah Alwasliyah 12 Perbaungan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4, 2052–2062. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.997
Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). pencegahan perundungan/bullying di Institusi pendidikan : pendekatan norma hukum dan perubahan perilaku. Jurnal Hukum, Politik Dan Kekuasaan, 1 (1).
Sari, S. I., & Budiman, A. (2021). Hubungan Faktor Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. Borneo Student Research, 2.
Sulistiowasti, N. M., Wulansari, I. G., Swedarma, K., Purnama, A. P., & Kresnayanti, N. P. (2022). Gambaran perilaku bullying dan perilaku mencari bantuan remaja SMP di kota Denpasar. Ilmu Keperawatan Jiwa, 5 No 1, 47–52.
Waliyanti, E., Kamilah, F., & Fitriansyah, R. (2018). Fenomena perilaku bullying pada remaja di Yogyakarta. Ilmiah Keperawatan Indonesia, 2 No 1.
Widodo, Y. P., Oktiawati, A., & Sari Puspita, D. I. (2021). Hubungan Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Verbal Pada Anak Di SD Panggung 4 Kota Tegal. BHAMADA Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 12, 11–19.
Published
2023-11-22
How to Cite
Widianingtyas, S., & P, I. (2023). FAKTOR KEDEKATAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULYING PADA REMAJA. Jurnal Keperawatan, 12(2), 8-17. https://doi.org/10.47560/kep.v12i2.536