Sleep Hygiene Dengan Gangguan Tidur Remaja
Abstract
Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang penting untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan intelektual. Masa remaja rentang mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur yang dialami remaja merupakan dampak dari perilaku sleep hygiene yang buruk. Sleep hygiene ini sangat penting untuk memprediksi kualitas dan kuantitas tidur pada remaja. Penelitian ini betujuan mengidentifikasi hubungan sleep hygiene dengan gangguan tidur remaja. Desain penelitian observasi dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian 80 siswa di SMA Katolik Karitas 3 Surabaya memenuhi kriteria inklusi. Perilaku sleep hygiene dinilai menggunakan kuesioner The Adolescent Sleep Hygiene Scale. Penilaian gangguan tidur pada remaja menggunkan kuesioner SDSC (Sleep Disturbances Scale for Children). Perilaku sleep hygiene dalam aspek koqnitif signifikan berhubungan negative dengan gangguan tidur (ρ=-0,35 p=0,001). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik perilaku sleep hygene dalam aspek kognitif maka semakin menurun skor gangguan tidur. Perilaku sleep hygiene dalam aspek stabilitas tidur berhubungan negatif dengan gangguan tidur (ρ= - 0,358 p=0,001), hal ini berarti semakin baik perilaku hygiene dalam aspek stabilitas tidur maka semakin menurun skor gangguan tidur. Program pendidikan kesehatan di sekolah tentang sleep hygiene efektif perlu dilakukan meningkatkan kualitas tidur masa remaja.
Downloads
The authors who publish this journal agree to the following requirements:
- The author retains the copyright and gives the journal rights regarding the first publication with the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License which allows others to share the work with an acknowledgment of the author's work and early publications in this journal.
- Authors can include separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version (for example, send it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this Journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., at an institutional repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as excerpts of previously published works.