HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK (GADGET) DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH

  • Aristina Halawa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan William Booth
  • Maria Yustina Kristanti Ina Palan
Keywords: Penggunaan gadget, Perkembangan sosial anak usia sekolah

Abstract

Penggunaan media elektronik (gadget) pada anak usia sekolah dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dengan lingkungan sekitarnya sehingga anak menjadi individualisme. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pagesangan Surabaya, dengan jumlah responden 73 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner penggunaan gadget dan perkembangan sosial anak usia sekolah. Dari 73 responden didapatkan sebanyak 63 responden (86,3%) menggunakan gadget pada tingkat sedang dan sebanyak 64 responden (87,7%) memiliki perkembangan sosial yang baik. Hasil uji statistik dengan Spearman = p : 0,000 dengan nilai kemaknaan p < 0,005 yang yang berarti ada hubungan antara penggunaan media elektronik gadget dengan perkembangan sosial anak usia sekolah. Penggunaan gadget yang sesuai dan terkontrol oleh pihak sekolah dan orangtua dapat mempengaruhi perkembangan social anak menjadi baik. Untuk itu bagi orangtua diharapkan agar dapat meluangkan waktunya untuk mengontrol anak mereka saat menggunakan gadget dan bagi pihak sekolah diharapkan dapat memberikan stimulasi pada siswa dan siswi dalam bentuk kegiatan-kegiatan sosial di sekolah yang dapat mengembangkan sikap sosial anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-30
How to Cite
Halawa, A., & Palan, M. (2016). HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK (GADGET) DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH. Jurnal Keperawatan, 5(2), 48-56. https://doi.org/10.47560/kep.v5i2.164