PENGARUH SAFEZONE (GAME SIMULASI INTERAKTIF) UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN REMAJA TERHADAP GEMPA BUMI DI SURABAYA

  • Nurul Imam STIKes William Booth Surabaya https://orcid.org/0000-0002-7851-3709
  • Nurmawati S Lataima STIKes William Booth Surabaya
  • Hendro Djoko Tjahjono STIKes William Booth Surabaya
  • Budi Artini STIKes William Booth Surabaya
Keywords: game edukatif, kesiapsiagaan bencana, gempa bumi, remaja, SafeZone

Abstract

Indonesia merupakan negara rawan gempa bumi, termasuk wilayah Surabaya yang memiliki tingkat kepadatan penduduk tinggi. Rendahnya kesiapsiagaan remaja terhadap bencana menjadi tantangan serius dalam mitigasi risiko gempa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan SafeZone, sebuah game simulasi interaktif, dalam meningkatkan kesiapsiagaan remaja terhadap gempa bumi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 60 remaja di Surabaya yang dipilih secara purposive. Instrumen berupa kuesioner kesiapsiagaan bencana dengan lima aspek utama, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (α = 0,876). Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata skor kesiapsiagaan dari 56,8 (kategori sedang) menjadi 81,4 (kategori tinggi) setelah penggunaan game SafeZone. Seluruh aspek kesiapsiagaan mengalami peningkatan, khususnya pada aspek pengetahuan dan tindakan saat gempa. Uji statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa media interaktif seperti game simulasi dapat menjadi alternatif edukasi kebencanaan yang efektif untuk remaja. Disarankan agar instansi pendidikan mulai mengintegrasikan metode pembelajaran berbasis game untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana di kalangan pelajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anika, N., Yusuf, A., & Tristiana, R. D. (2019). Pengalaman Adaptasi Remaja Pasca Bencana Gempa Di Lombok Nusa Tenggara Barat. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:226907210
Azhar, W. A., Safariyah, E., & Makiyah, A. (2024). Pengaruh edukasi kesiapsiagaan bencana melalui metode video animasi terhadap pengetahuan siswa. Journal of Nursing Practice and Education. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:274453990
Azizah, M., Apriadi, R. K., Januarti, R. T., Winugroho, T., Yulianto, S., Kurniawan, W., & Widana, I. D. K. K. (2021). Kajian Risiko Bencana Berdasarkan Jumlah Kejadian dan Dampak Bencana di Indonesia Periode Tahun 2010 – 2020. PENDIPA Journal of Science Education. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:237019453
Bahri, S., Ramadhan, A., Zulfiah, Z., Kololu, M., Aponno, S. V., & Elake, A. Y. (2024). Pengenalan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Menggunakan Media Game Virtual Kepada Siswa SMA Angkasa Pattimura Ambon. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:267752821
BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). (2022). Indeks Risiko Bencana Indonesia Tahun 2021. BNPB.
Hayati, R., & Amalia, N. R. (2020). Video Interaktif Bencana Tanah Longsor; Media Sosialisasi Bahaya Tanah Longsor untuk Remaja. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:214100597
Mawuntu, C. (2021). Peran Aktor Non-Negara Dalam Mengkapitalisasi Isu Ring Of Fire Sebagai Nation Branding Indonesia. Jurnal Administro : Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:239716418
Mutianingsih, M., & Mustikasari, M. (2019). Dampak Psikologis Gempa Bumi terhadap Kelompok Rentan : Lansia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:210647343
Nasution, R. F., & Lestari, E. B. (2025). Peran Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana dalam Meningkatkan Kesadaran pada Remaja. 3.
Putriani, P., Setyowati, D. L., Banowati, E., & Suharini, E. (2023). Media Pembelajaran Gempa Bumi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Di Sma Negeri 2 Tomia. Geography : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:263261351
Salsabil, A. R., Hilyah, A., Purwanto, M. S., & Fajar, M. H. M. (2018). Zonasi Bahaya Kegempaan Akibat Patahan Aktif Di Wilayah Jawa Timur Dengan Pendekatan Deterministik Menggunakan Perhitungan Atenuasi Chiou-Youngs 2014 NGA. Jurnal Geosaintek. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:134597614
Siregar, J. S., & Wibowo, A. (2019). Upaya Pengurangan Risiko Bencana Pada Kelompok Rentan. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 10(1), 30–38.
Sukirman, S., Reza, W. A., & Sujalwo, S. (2019). Media Interaktif Berbasis Virtual Reality untuk Simulasi Bencana Alam Gempa Bumi dalam Lingkungan Maya. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:202986634
Zhao, X., Lin, Y., & Li, J. (2022). The effectiveness of game-based learning in disaster education: A randomized controlled trial. Computers & Education, 178.
Published
2025-06-16
How to Cite
Imam, N., Lataima, N., Tjahjono, H., & Artini, B. (2025). PENGARUH SAFEZONE (GAME SIMULASI INTERAKTIF) UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN REMAJA TERHADAP GEMPA BUMI DI SURABAYA. Jurnal Keperawatan, 14(1), 1-8. https://doi.org/10.47560/kep.v14i1.692

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>